Sunday, October 17, 2010

Kaitan antara Kurikulum dan Pembelajaran

Muhammad Nuzli

Kaitan antara Kurikulum dengan Pembelajaran Pertemuan ke 3 Desain Instruksional STAI SMQ Bangko Kaitan antara Kurikulum dengan Pembelajaran • Kurikulum • Pembelajaran • Kaitannya 1. Kurikulum Pengertian: Kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari, dalam pendidikan adalah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa yang bertujuan untuk memperoleh ijazah.(Oemar Hamalik: 16) 1. Kurikulum Beberapa tafsiran tentang pengertian kurikulum: • Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran, kurikulum adalah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. • Kurikulum sebagai rencana pembelajaran, kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. • Kurikulum sebagai pengalaman belajar, kurikulum merupakan serangkaian pengalaman belajar. 1. Kurikulum Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (Bab I, Pasal 1, Ayat 13) 1. Kurikulum Contohnya: Dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi BAB II KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM A. Kerangka Dasar Kurikulum 1. Kelompok Mata Pelajaran Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: 1. Kurikulum a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; d. kelompok mata pelajaran estetika; e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. 1. Kurikulum Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel berikut: 1. Kurikulum 1. Kurikulum Contoh: Struktur Kurikulum SD/MI Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Kurikulum Contoh: Struktur Kurikulum SD/MI • Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel berikut Kurikulum SD/MI 1. Kurikulum Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut: • SD/MI/SDLB berlangsung selama 35 menit; • SMP/MTs/SMPLB berlangsung selama 40 menit; • SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK berlangsung selama 45 menit. • Kurikulum Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan • Kurikulum Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan..\..\..\PASCASARJANA MTP UNJA\Semester I (Satu)\Desain Pembelajaran\Download\permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf 2. Pembelajaran Pengertian Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mancapai tujuan pembelajaran. (Oemar Hamalik: 57) 2. Pembelajaran Teori-teori: Mengajar adalah upaya untuk menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik/siswa di sekolah, Mengajar adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga pendidikan sekolah Pembelajaran adalah upaya mengorganisasikan lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik Pembelajaran adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik Pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari 2. Pembelajaran Ciri-Ciri: • Rencana, adalah penataan ketenagaan, material, dan prosedur yang merupakan unsur-unsur sistem pembelajaran dalam suatu rencana khusus • Kesaling tergantungan antara unsur-unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan • Tujuan, Suatu pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai 3. Kaitannya Kurikulum dengan Pembelajaran SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH 3. Kaitannya Kurikulum dengan Pembelajaran Hubungan antara Kurikulum dan Pembelajaran SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH Hubungan antara Kurikulum dan Pembelajaran

No comments:

Post a Comment