Minggu, 17 Oktober 2010

Kaitan antara Kurikulum dan Pembelajaran

Kaitan antara Kurikulum dengan Pembelajaran
Pertemuan ke 3
Desain Instruksional
STAI SMQ Bangko
Kaitan antara Kurikulum dengan Pembelajaran
• Kurikulum
• Pembelajaran
• Kaitannya
1. Kurikulum
Pengertian:
Kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari, dalam pendidikan adalah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa yang bertujuan untuk memperoleh ijazah.(Oemar Hamalik: 16)

1. Kurikulum
Beberapa tafsiran tentang pengertian kurikulum:
• Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran, kurikulum adalah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan.
• Kurikulum sebagai rencana pembelajaran, kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa.
• Kurikulum sebagai pengalaman belajar, kurikulum merupakan serangkaian pengalaman belajar.

1. Kurikulum
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (Bab I, Pasal 1, Ayat 13)
1. Kurikulum
Contohnya:
Dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
BAB II
KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM
A. Kerangka Dasar Kurikulum
1. Kelompok Mata Pelajaran
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
1. Kurikulum
a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d. kelompok mata pelajaran estetika;
e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
1. Kurikulum
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel berikut:

1. Kurikulum
1. Kurikulum
Contoh:
Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Kurikulum
Contoh:
Struktur Kurikulum SD/MI
• Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel berikut
Kurikulum SD/MI
1. Kurikulum
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut:
• SD/MI/SDLB berlangsung selama 35 menit;
• SMP/MTs/SMPLB berlangsung selama 40 menit;
• SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK berlangsung selama 45 menit.
• Kurikulum
Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan
• Kurikulum
Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan..\..\..\PASCASARJANA MTP UNJA\Semester I (Satu)\Desain Pembelajaran\Download\permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf
2. Pembelajaran
Pengertian
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mancapai tujuan pembelajaran. (Oemar Hamalik: 57)

2. Pembelajaran
Teori-teori:
Mengajar adalah upaya untuk menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik/siswa di sekolah,
Mengajar adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga pendidikan sekolah
Pembelajaran adalah upaya mengorganisasikan lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik
Pembelajaran adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik
Pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari
2. Pembelajaran
Ciri-Ciri:
• Rencana,
adalah penataan ketenagaan, material, dan prosedur yang merupakan unsur-unsur sistem pembelajaran dalam suatu rencana khusus
• Kesaling tergantungan antara unsur-unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan
• Tujuan,
Suatu pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai
3. Kaitannya
Kurikulum dengan Pembelajaran
SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH
3. Kaitannya Kurikulum dengan Pembelajaran
Hubungan antara Kurikulum dan Pembelajaran

SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH
Hubungan antara Kurikulum dan Pembelajaran

Pengertian dan Ruang Lingkup Desai Pembelajaran

Pengertian
Bagi Reigeluth (1983), disain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang.
Rothwell & Kazanas (1992), merumuskan disain pembelajaran terkait dengan peningkatan mutu kinerja seseorang dan pengaruhnya bagi organisasi.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Pengertian
Gagne, dkk (1992), mengembangkan konsep disain pembelajaran dengan menyatakan bahwa disain pembelajaran membantu proses belajar seseorang di mana proses belajar itu sendiri memiliki tahapan segera dan jangka panjang.
Gentry,1994, disain pembelajaran adalah suatu proses yang merumuskan dan menentukan tujuan pembelajaran, strategi, teknik, dan media agar tujuan umum tercapai.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Pengertian
Bagi Reiser (2002), disain pembelajaran berbentuk rangkaian prosedur sebagai suatu sistem untuk pengembangan program pendidikan dan pelatihan dengan konsisten, dan teruji.
Desain pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. (Wikipedia)
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Pengertian
Desain Pembelajaran adalah tata cara yang dipakai untuk melaksanakan proses pembelajaran. (Yamin, 2008:10)
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Tujuan
Tujuan dari disain pembelajaran yaitu membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien dan mengurangi tingkat kesulitan pembelajaran (Morrison, Ross, dan Kemp, 2007).


• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Fungsi
Fungsi Desain Pembelajaran antara lain :
• Meningkatkan kemampuan Pembelajar (instruktur, guru, widyaiswara, dosen, dll)
• Menghasilkan sumber belajar
• Mengembangkan sistem belajar mengajar
• Mengembangkan Organisasi menjadi organisasi belajar.

• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Peran
Peranan Desain Pembelajaran dalam suksesnya proses belajar mengajar, antara lain :
• Agar belajar dapat bermakna dan efektif
• Agar tersedia atau termanfaatkan sumber belajar
• Agar dapat dikembangkan kesempatan / pola belajar
• Agar belajar dapat dilakukan siapa saja secara berkelanjutan.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Sejarah
Menurut Jerrold E. Kemp (1985;4) pada waktu perang dunia II dan sesudahnya para psikolog memperkenal teori baru tentang proses pembelajaran manusia, termasuk pentingnya merinci tugas yang akan dipelajari dan dilaksanakan, dan kebutuhan siswa untuk berperan aktif agar mereka benar-benar belajar
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Desain Pembelajaran terdiri dari 4 unsur yang saling berkaitan yaitu:






Adalah kerangka acuan perencanaan pembelajaran bersistem.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Guru dan Dosen harus melihat, memperhatikan, mempertimbangkan, dan memperioritaskan:
• Ciri siswa, mahasiswa, atau peserta didik,
• Tujuan yang akan dicapai,
• Metode dan kegiatan pembelajaran,
• Evaluasi.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Unsur Desain Pembelajaran terdiri dari 10, yaitu:
• Kajian kebutuhan belajar beserta tujuan pencapaian, kendala, dan perioritas yang harus diketahui,
• Pemilihan pokok bahasan atau tugas untuk dilaksanakan berdasarkan tujuan umum yang harus dicapai,
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Unsur Desain Pembelajaran terdiri dari 10, yaitu:
• Mengenali ciri siswa,
• Menemukan isi pelajaran dan unsur tugas berdasarkan tujuan,
• Menentukan tujuan belajar yang akan dicapai beserta tugas,
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Unsur Desain Pembelajaran terdiri dari 10, yaitu:
• Desain kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan (pengembangan silabus),
• Memilih Media yang akan dipergunakan,
• Memilih pelayanan penunjang yang diperlukan,
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Unsur
Unsur Desain Pembelajaran terdiri dari 10, yaitu:
• Memilih evaluasi hasil belajar siswa,
• Memilih uji awal kepada siswa.
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Model
Model Jerrold E. Kemp, (1985:12)
• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Desainer
• Perancang pengajaran,
• Pengajar,
• Ahli mata pelajaran,
• Penilai.

• Pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup desain pembelajaran
Fase Belajar
• Perhatian,
• Retensi,
• Reproduksi,
• Motivasi.