Saturday, November 8, 2014

PENILAIAN HASIL DAN PROSES PEMBELAJARAN


Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai:
1.   kesiapan siswa,
2.   proses, dan
3.   hasil belajar secara utuh.
Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan:
1.   Kapasitas belajar siswa,
2.   Gaya belajar siswa, dan
3.   Perolehan belajar siswa atau bahkan mampu menghasilkan dampak instruksional (instructional effect) dan dampak pengiring (nurturant effect) dari pembelajaran. 
Hasil penilaian otentik dapat digunakan oleh guru untuk:
1.   merencanakan program perbaikan (remedial),
2.   pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling.
Selain itu, hasil penilaian otentik dapat digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.

Evaluasi proses pembelajaran dilakukan saat proses pembelajaran dengan menggunakan alat: 
  1. angket, 
  2. observasi, 
  3. catatan anekdot, dan 
  4. refleksi. 

No comments:

Post a Comment