Tuesday, October 22, 2013

Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013

Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

1.  Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.  memberi  motivasi belajar siswa secara  kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan
internasional;
c.  mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.  menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e.  menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.  Kegiatan Inti
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan  pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan  penyingkapan (discovery)  dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah  (project based  learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

a.  Sikap 
Sesuai dengan karakteristik sikap,  maka salah satu alternatif yang dipilih adalah  proses afeksi  mulai dari menerima, menjalankan,menghargai,menghayati,hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakuan aktivitas tersebut.

b.  Pengetahuan
Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan,menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteritik aktivititas belajar dalam domain pengetahuan ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan aktivitas belajar dalam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan belajar berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry learning). Untuk mendorong peserta didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

c.  Keterampilan 
Keterampilandiperolehmelaluikegiatan  mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji,  dan  mencipta. Seluruh isi materi (topik dan subtopik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melakukan  proses  pengamatan hingga  penciptaan. Untuk  mewujudkan keterampilan  tersebut  perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan  modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian  (discovery/inquirylearning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan
masalah (project based learning).

3.  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru  bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.  seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.  melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.  menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

No comments:

Post a Comment