Tuesday, October 22, 2013

PENILAIAN HASIL DAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013


           Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan  penilaian otentik (authentic assesment) yang  menilai kesiapan siswa, proses,  dan hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya,  dan perolehan belajar siswa atau bahkan mampu  menghasilkan dampak instruksional (instructional  effect)  dan  dampak pengiring (nurturant effect) dari pembelajaran.

         Hasil penilaian  otentik  dapat  digunakan  oleh guru untuk merencanakan program  perbaikan (remedial), pengayaan  (enrichment), atau pelayanan konseling.  Selain itu,  hasil  penilaian  otentik dapat digunakansebagai  bahan untuk  memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan saat  proses pembelajaran dengan menggunakan alat: angket, observasi, catatan anekdot, dan refleksi.

No comments:

Post a Comment